a

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa cum sociis Theme natoque.

Latest Posts

1-677-124-44227
184 Main Collins Street West Victoria 807
info@yoursite.com

Single Post

Bolehkah Beribadah Umroh dengan Dana Hutang?

Bolehkah Beribadah Umroh dengan Dana Hutang?

 

Salah satu syarat haji maupun umrah adalah istitha’ah, atau adanya kemampuan untuk menunaikannya. Jadi, orang yang tidak memiliki kemampuan tidak terkena kewajiban haji atau kesunahan umrah. 

Nah, siapakah orang yang masuk kategori mampu? Dalam kitab Mawahib al-Jalil Syarhu Mukhtashar Khalil dijelaskan dengan cukup lengkap.

“Barang siapa yang tidak mungkin bisa sampai ke Makkah kecuali dengan berutang dan ia tidak memiliki kemampuan untuk membayarnya, maka ia tidak wajib haji karena ketidakmampuannya. Ini adalah pandangan yang disepakati para ulama. Adapun orang yang bisa mampu membayarnya, maka dikategorikan sebagai orang yang mampu seandainya ketika ia berutang memungkinkan baginya untuk bisa sampai ke Makkah”. (Al-Haththab ar-Ru’aini, Mawabib al-Jalil Syarhu Mukhatshar al-Khalil, Bairut-Daru ‘Alam al-Kutub, 1423 H/2003 M, juz, III, h. 468)

Jadi, tidak menjadi masalah jika seseorang berutang untuk menjalankan umrah asalkan yakin mampu membayarnya, karena ia termasuk kategori sebagai orang yang istitha’ah. Berbeda, jika ia tidak memiliki kemampuan untuk melunasinya. Maka dalam hal ini jelas ia memaksakan diri, padahal ia bukan masuk kategori orang yang istitha’ah.

Namun ada baiknya bagi Anda yang berniat menunaikan ibadah umrah tidak dengan berutang, meskipun ia mampu membayarnya, tetapi kumpulkan biaya dulu dengan cara menabung. Sebab, resiko berutang itu sangat besar.

Bingung mau membuka tabungan umroh dimana? Daftar saja ke Muhsinin Travel. Dengan proses yang mudah dan beragam paket pilihan, Kami jamin Anda akan dapat menunaikan ibadah umroh dengan aman, nyaman dan sesuai sunnah.

Bagaimana sih proses mambuka tabungan di Muhsinin Travel?

  1. Calon jamaah umroh mendatangi kantor/perwakilan Muhsinin Travel atau BRI Syariah untuk mendaftarkan diri ikut umroh atau membeli paket umroh.
  2. Menyerahkan fotocopy KTP.
  3. Mengisi formulir:
  • Pendaftaran umroh.
  • Pembuatan rekening BRI Syariah.
  1. Membayar DP paket umroh sebesar Rp. 1.600.000,- (harga paket menyesuaikan jadwal keberangkatan).
  2. Mendapatkan Buku Tabungan BRI Syariah.
  3. Jika tabungan calon jamaah umroh telah mencapai harga paket Muhsinin Travel maka calon jamaah berhak berangkat ke tanah suci.

Cukup mudah kan? Jadi, ayo pastikan Anda tergabung sebagai jamaah umroh Muhsinin Travel. Kami jamin kenyamanan Anda dengan berbagai fasilitas pilihan, seperti hotel berbintang, transportasi premium dan makanan yang terstandarisasi. Pilih paketnya dan nikmati kenyamanan ibadahnya.

Silahkan hubungi Kami di 0819 0507 8000 atau email di info@muhsinintravel.com

Leave a Reply:

You don't have permission to register